Untuk kamu yang sedang menjalankan diet, sudah menjadi rahasia umum bahwa semua proses diet selalu mengikutsertakan anjuran untuk berolahraga teratur. Tapi sebenarnya apakah ada cara diet sehat tanpa olahraga?

Olahraga memang memiliki pengaruh besar dalam proses diet. Olahraga dapat membakar kalori dan lemak dengan banyak dan cepat dalam waktu yang singkat.

Namun, bagaimana nasib orang yang tidak terbiasa untuk berolahraga? Atau kalau tidak sempat berolahraga? Apakah lantas tidak bisa mendapatkan tubuh yang ideal?

Cara Diet Sehat Tanpa Olahraga | Caradietsehatku

Lantas jika ada yang bilang bahwa diet bisa juga berhasil tanpa harus olahraga, apakah Anda mempercayainya? Apakah hal tersebut memang fakta atau sebatas mitos belaka? Yuk kita bahas!

Untuk mendapatkan hasil diet yang ideal sebenarnya kita harus bisa mengkombinasikan kedua hal tersebut, yaitu mengatur porsi makan, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh kita dan olahraga yang teratur.

Namun, tidak jarang kita sudah berusaha keras untuk menurunkan berat badan dengan berbagai macam cara, seperti rutin melakukan olahraga kardio, namun untuk menurunkan 1 kg saja rasanya sulit sekali.

Disokong dengan bayangan gagalnya program diet kamu yang gagal jika tidak rutin berolahraga, kamu berhasil menyisihkan waktu untuk berolahraga secara rutin dengan harapan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Tetapi tidak jarang juga hasil berkata lain, usaha terasa seperti tidak berarti. Wajar jika banyak orang yang mencari berbagai cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Lalu kembali ke pertanyaan sebelumnya, apakah bisa?

Buat kamu yang tidak memiliki waktu yang bisa disisihkan untuk berolahraga, sebenarnya ada beberapa tips untuk kamu, tapi hasilnya mungkin tidak akan semaksimal jika Anda membarenginya dengan berolahraga.

Mau tau apa sajakah tips dietnya? Silahkan disimak 8 tips diet berikut ini.

1. Kurangi Konsumsi Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Cara Diet Sehat Tanpa Olahraga: Kurangi Karbohidrat

Selain memang bikin gemuk, kebanyakan makan makanan bertepung dan bergula tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit mulai dari diabetes hingga penyakit jantung. Contoh makanan yang berkarbohidrat adalah pasta, roti, beras, dan sereal.

Karbohidrat sederhana (misalnya yang ditemukan dalam gula, roti putih, pasta, biskuit, dan sereal) mengandung indeks glikemik yang tinggi. Artinya, makanan tersebut dapat menyebabkan peningkatan gula darah secara mendadak dan tajam.

Dalam kondisi normal, tubuh membakar karbohidrat untuk dijadikan bahan bakar atau energi. Jika jumlah karbohidrat di dalam tubuh melebihi batas dan tidak digunakan, karbohidrat tersebut akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak.

Mengurangi konsumsi karbohidrat memang salah satu cara diet sehat tanpa olahraga yang paling mudah dan masuk akal. Contoh langkah mengurangi karbohidrat antara lain:

  • Mengganti beras biasa dengan beras merah
  • Kurangi minum minuman manis
  • Mengganti roti dengan oatmeal
  • Pilih snack dengan kandungan karbohidrat rendah

2. Konsumsi Protein yang Lebih Banyak

Sumber Protein

Protein dibutuhkan tubuh tidak hanya untuk diubah menjadi energi, tetapi juga untuk membantu metabolisme dan menjaga fungsi optimal organ.

Hormon Ghrelin yang terdapat di dalam tubuh dapat dirangsang oleh protein untuk menstimulasi rasa kenyang pada tubuh. Hasilnya, kita akan merasa kenyang dan jumlah asupan kalori yang kita makan berkurang.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Authority Nutrition, orang yang meningkatkan asupan proteinnya sebanyak 15-30% pada pola makan mereka terbukti mengkonsumsi lebih sedikit 441 kalori per harinya dan berhasil menurunkan berat badannya sampai 4 kg dalam 12 minggu.

Protein dapat ditemukan pada makanan seperti telur, dada ayam, ikan, yogurt, dan kacang almond.

3. Memotong-motong Makanan Menjadi Lebih Kecil

Cara Diet Sehat Tanpa Olahraga: Potong Makanan Menjadi Kecil

Cara ini cukup efektif untuk “menipu” otak dan memberi kesan bahwa ada lebih banyak makanan di piring daripada yang sebenarnya. Efek psikologis ini dapat membuat kamu merasa jauh lebih cepat kenyang dan enggak makan terlalu banyak.

Trik memakai piring kecil juga sama efektifnya. Selain itu, coba juga makan menggunakan sumpit, dari pada sendok dan garpu.

4. Kurangi Porsi Makan

Cara Diet Sehat Tanpa Olahraga: Kurangi Porsi Makan

Awalnya memang akan sulit. Namun ketika berhasil, maka kamu akan terbiasa dengan porsi yang sedikit tersebut. Sebaliknya jika terbiasa dengan porsi banyak, kita akan terdorong untuk memakan porsi lebih besar ketika lapar. Porsi makan yang besar menimbulkan risiko obesitas.

5. Minum Air Putih Sebelum Makan

Minum Air Putih

Dehidrasi juga dapat memicu rasa lapar, sebab saat dehidrasi, otak kebingungan menangkap sinyal tubuh, sehingga diterjemahkan sebagai rasa lapar. Maka cara alternatif untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga adalah dengan meminum air putih sebelum makan.

Cara ini dapat membuat kita memakan lebih sedikit kalori. Meminum sekitar 0,5 liter air setengah jam sebelum makan terbukti efektif mengurangi rasa lapar.

Cara diet sehat tanpa olahraga yang satu ini memang terdengar sangat sederhana, tetapi hasilnya efektif loh! Kamu bisa menurunkan berat badan sampai 44% dalam waktu 12 minggu. Dengan catatan bahwa yang dikonsumsi adalah air putih dan bukan minuman manis.

6. Mandi Air Panas

Cara Diet Sehat Tanpa Olahraga: Mandi Air Panas

Menurut ilmuwan dari Loughborough University, air panas tidak hanya membuat kamu lebih rileks, tetapi juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan.

Berdasarkan studi tersebut, ternyata satu jam mandi air panas bisa membakar sekitar 130 kalori. Ini sama seperti dengan kalori yang hilang setelah berjalan selama 30 menit! Selain itu, tingkat gula darah rata-rata juga turun 10% setelah mandi.

7. Tidur Yang Cukup

Cara Diet Sehat Tanpa Olahraga: Tidur Yang Cukup

Ternyata tidur juga terbukti dapat membantu kita menjaga berat badan ideal lohh. Tentunya ini kabar baik untuk kamu yang tidak mempunyai waktu yang cukup untuk berolahraga. Tapi perlu diingat bahwa ‘tidur’ yang dimaksud di sini adalah istirahat yang berkualitas, bukan untuk malas-malasan.

Waktu istirahat yang kurang akan berpengaruh pada berat badan. Ketika kurang tidur, hormon leptin (hormon yang merangsang rasa lapar) dan hormon ghrelin menjadi terganggu.

Akibatnya kita akan cenderung mengkonsumsi makanan sebelum benar-benar tertidur. Jadi, jaga pola tidurmu secara teratur agar berat badanmu juga tetap terjaga.

8. Aktif Bergerak

Cara Diet Sehat Tanpa Olahraga: Aktif Bergerak

Siapa bilang membakar kalori hanya bisa dilakuakan dengan berolahraga? Memang ada cara diet sehat tanpa olahraga, tetapi itu bukan berarti tidak bergerak sama sekali.

Kamu bisa membakar kalori dengan kegiatan-kegiatan sederhana seperti membersihkan rumah, mengajak anjing jalan-jalan, bahkan dengan memilih untuk naik tangga ketimbang lift atau eskalator.

Hal sederhana lainnya adalah dengan membiasakan pergi membeli makanan atau keperluan sendiri tanpa meminta tolong pada orang lain (termasuk gojek). Membawa barang belanjaan dan berjalan kaki bisa menjadi alternatif olahraga ringan yang membakar kalori tanpa kita sadari.

Jika harus pergi ke toilet, pilihlah toilet yang sedikit jauh, begitu pula dengan memilih parkiran dan tempat makan.

Meski kamu tidak secara langsung berolahraga, gerakan-gerakan sederhana seperti ini dapat mengganti peranan olahraga dalam membakar kalori dan lemak tubuhmu. Serta bisa memaksimalkan proses dietmu.


Jadi itulah 8 tips bagi kamu yang tidak sempat berolahraga namun ingin menjalankan proses diet yang maksimal. Selamat mencoba!

Untuk menu sehat selama proses diet, baca artikel ini juga. 

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *